Sabtu, 12 Agustus 2017

PEMBAHASAN SOAL-SOAL LIMIT UN 2013-2016



Limit adalah salah satu materi yang pasti muncul di soal Ujian nasioal dari tahun ke tahun. Salah satu cabang ilmu kalkulus ini biasanya terdiri dari dua soal. Satu soal tentang limit tak hingga pada fungsi aljabar, dan satu soal lagi tentang limit fungsi trigoometri. Pembahasan limit tak hingga pengerjaannya relative panjang dan rumit karena biasanya harus melakukan perasionalan kemudian pembilang dan penyebut harus dibagikan lagi dengan pangkat tertinggi yang ada pada penyebut, akan tetapi pada soal ini bisa dikerjakan dengan cara alternative yang tentunya lebih mudah dan menghemat waktu, mengingat jumlah soal UN yang harus dikerjakan siswa tidaklah sedikit. 

Walaupun tersedia cara alternative tetapi saya tetap melampirkan di pembahasan cara pengerjaan yang biasa, sehingga anda bisa membandingkan keduanya. Karena menurut saya pengerjaan limit tak hingga menggunakan cara biasa tidaklah begitu sulit.

Lalu, soal kedua adalah limit trigonometri, pada soal ini sangatlah penting mengingat rumus tertentu dari limit trigonometri karena yang biasa muncul adalah limit fungsi trigonometri menuju 0, dan yang paling penting satu lagi adalah mengingat rumus identitas trigonometri, karena terkadang soal limit trigonometri tersebut harus kita ubah lagi menggunakan identitas trigonometri yang serupa dengan ditanyakan di soal.

Apapun itu, berlatih dan terus berlatih tentulah kunci utama untuk menaklukkan soal-soal UN walau apapun bentuk soalnya. Dan berikut link yang bisa kalian download pembahasan limit UN 2013-2016.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar